Cara Membuka Laptop

Mengetahui cara membuka case laptop/netbook dalam situasi tertentu kadang diperlukan misalnya ingin upgrade menambah kapasitas RAM memory agar laptop tidak lemot atau mengganti Hardisk laptop/netbook baik dikarenakan hardisk laptop yang rusak maupun kebutuhan menambah kapasitas. Berbeda dengan Komputer PC desktop yang cukup mudah cara upgrade dan cara membuka casingnya, cara membuka laptop atau notebook mungkin tidak mudah bagi sebagian orang yang belum pernah melakukannya. 

cara membuka laptop upgrade ram memory hardisk
Cara membuka case Notebook atau Laptop berbeda-beda khususnya untuk kepentingan melepas/mengganti hardisk laptop yang rusak. Ada beberapa seri merk laptop Toshiba, Axioo, Acer, Asus dan HP yang tinggal melepas satu baut dibagian bawah casing untuk upgrade RAM memory atau hardisk, tetapi ada juga untuk mengganti Hardisk pada Netbook harus dengan cara membuka semua baut (11 s.d 15 baut bergantung merk laptop). Menambah RAM adalah salah satu cara efektif untuk mengatasi laptop yang lambat. Namun komputer yang lemot bisa juga karena kena virus, baca disini cara mengatasi laptop kena virus 
cara membuka laptop

Umumnya untuk mengganti/ menambah/ upgrade ram memori notebook laptop cukup mudah karena kebanyakan slot memori terletak di bawah laptop. Untuk cara melepas modul memori laptop kita hanya perlu membuka 1 baut penutup dan sudah dapat melepas kait pada kedua sisi slot memori laptop. Modul ram memori akan terangkat pada sudut 30 derajat. Setelah itu kita dapat menarik modul memori dari slot dan mengganti/upgrade dengan jenis ram yang sama DDR2 atau DDR 3. 

Kebetulan minggu ini saya mendapat pasien hardisk laptop Compaq dan Asus yang rusak dan perlu diganti. Berikut ini contoh cara membuka case laptop merk Asus. 
  • Sebelum membuka case/membongkar laptop matikan dahulu laptop dan cabut adapter, balik bagian bawah laptop menghadap atas dan lepas baterai laptop, lepas dan buka seluruh baut yang menghubungkan bagian bawah laptop dengan penutup bagian atas. (kumpulkan baut di kotak khusus agar tidak hilang).
cara membuka laptop
  • Buka/pisahkan case atas dari case body laptop dengan menggunakan kuku/plastik lembut (misalnya bekas pembungkus simcard/kartu ATM). Sebaiknya hindari menggunakan obeng karena dapat menyebabkan goresan pada case laptop. Lanjutkan cara membuka laptop dengan memisahkan bagian penutup dengan jari-jari kita. Ada beberapa klem/pengait tersembunyi dan kita perlu membuka penutup sedikit untuk melepaskan klem/pengait (akan terdengar bunyi 'klik' setiap pengait/klem mulai terlepas), terus lakukan mengelilingi sepanjang sisi luar laptop.
cara membuka laptop
  • Sekarang pisahkan keyboard dari dasar laptop dengan hati-hati angkat keyboard ke arah layar monitor LCD laptop sehingga kita dapat menjangkau konektor kabel keyboard di bawahnya. Konektor harus dibuka sebelum melepas seluruh keyboard jadi saat membuka case laptop jangan langsung mengangkat penutup terlalu jauh dari dasar laptop karena masih ada kabel touch pad dan keyboard yang tersambung pada motherboard. Kita harus membuka konektor dan melepaskan kabel touch pad dan keyboard sebelum melepas penutup. Setelah kabel touch pad dan keyboard dilepaskan dan tarik kabel flexible dari konektor. Kemudian lepas dan buka baut-baut pengaman motherboard yang terbuat dari logam. 
service memperbaiki laptop
  • Pada gambar diatas adalah konektor dan kabel flexble keyboard dan mouse touchpad laptop, klep pengaman berwarna coklat menempel di dasar matherboard. Buka pin pengunci konektor kabel flexible touch pad dan keyboard yang berwarna coklat. Setelah pengaman kabel flexible kita buka sekarang kita sudah dapat melepaskan seluruh bagian keyboard dari motherboard. 
cara membuka laptop
  • Selanjutnya perhatikan pin konektor yang terdapat pada sisi dalam (kiri) hard disk. Jangan langsung mengangkat hardisk tetapi cara melepasnya dengan cara mendorong kekanan (ke bagian luar), setelah hardisk terlepas dari konektor baru kemudian boleh diangkat dari motherboard laptop. 
upgrade ram memory hardisk laptop
  • Hardisk laptop rusak sudah bisa diganti dengan hardisk baru/upgrade lebih besar. Kembalikan hard disk dengan cangkangnya ke tempat semula, dengan posisi konektor tepat tertancap pada konektor motherboard.
cara membuka laptop netbook

Setelah mengetahui cara membuka case laptop, bagaimana cara memasangnya kembali? Lakukan langkah-langkah kebalikan cara membuka laptop diatas secara urutan terbalik. Artinya spare part yang paling terakhir dibuka menjadi yang paling pertama dipasang kembali.

Contoh cara membuka casing notebook diatas kami menggunakan laptop/ netbook merk Asus. Walaupun beberapa merk lain memiliki cara membuka case yang sama namun ada juga yang berbeda. Misalnya beberapa type laptop Acer, Toshiba, Axioo dan Compaq, untuk melepas/ upgrade RAM memory laptop dan hardisk cukup membalikkan laptop dan cukup melepas 2-4 baut. 
upgrade ram memory laptop
Sedangkan beberapa merk lain seperti laptop/ notebook Lenoco HP-Hawlett Packard cara membuka laptop justru harus mulai case bagian bawah, setelah baterai laptop dilepas kemudian ada beberapa baut yang harus dilepas di dalamnya kemudian kita memerlukan pinset untuk mulai membuka klem/pengait case laptop untuk dibuka. lihat gambar berikut.
cara membuka laptop berbagai merk

Mengetahui cara membuka laptop cukup penting, baik untuk mengganti/ upgrade menambah kapasitas RAM Memory dan Hardisk maupun untuk membersihkan bagian dalam laptop agar awet dan tidak cepat rusak. Baca disini cara memperbaiki laptop rusak.

Semoga cara-cara membuka laptop ini bermanfaat bagi pembaca.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

7 komentar:

  1. kalo laptop advan soulmate gimana cara buka casingnya ya mas, susah kali mas bukanya, hardisk nya rusak ingin sy ganti yg baru, terima kasih

    BalasHapus
  2. Anonim13:46

    siang mas bro.
    kalau advan vanbook P1N-45125 bagaimana cara membukanya? saya sudah lepas semua baut, tetapi susah banget membukannya.

    BalasHapus
  3. selamat siang om,
    saya punya kendala pada laptop saya, konektor video yg tertanam di mobo terbakar dan colokan kabel LCDnya pun hangus di salah satu tembaga yg berbaris,
    nah saya mau tanya om, bisa nggk konektor video yg tertanam di mobo di copot dan di pasang yang baru??

    BalasHapus
    Balasan
    1. meskipun secara teori bisa, tetapi mendapatkan sparepart konektor video laptop pengganti yang sejenis biasanya sulit dan apakah sudah di cek pakai external monitor untuk mengetahui vga laptop rusak atau tidak

      Hapus
  4. Kalo laptop HP 1000 Gimana gan???Soalnya Kipas internalnya ga jalan,Tolong jawab gan.

    BalasHapus
  5. Saya mau tanya mas, bagaimana cara melepas baterai notebook asus x454w?? Soalnya notebook saya ini tiba- tiba mati total tidak bisa dinyalakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. lepas semua baut yang dibawah case lalu buka case laptop asus bagian atas+keyboard nanti terlihat baterai nya,
      saran kami sih cek ke tempat servis laptop terdekat soalnya laptop mati tidak ada kaitan dengan baterai,jika normal tanpa baterai bisa nyala dengan charger, jika tidak mau nyala artinya ada bagian mesin/mainboard rusak

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.