Masalah Memory Tablet Android

Pesan: Handphone memory full atau internal storage full semakin sering terjadi. Dengan semakin besarnya ukuran aplikasi game dan data, terbatasnya kapasitas memory internal tablet Android menjadi masalah tersendiri bagi penggunanya misalnya muncul masalah tulisan pesan error 'sayangnya, sistem UI telah berhenti' atau tidak bisa update aplikasi maupun download dari Google Playstore karena muncul pesan error "Insufficient Storage Available". Salah satu cara mengatasinya adalah dengan membeli memory external micro SD untuk tambahan ruang media penyimpanan tablet dan handphone Android. 

memory card tidak terbaca
Ruang Internal penyimpanan penuh dapat diatasi dengan menambahkan kartu memori Sd dan memodifikasi handphone agar aplikasi dapat dipindah ke external. Banyaknya sd card merk bagus, terkenal seperrti Sandisk harganya murah, tetapi palsu dengan kualitas buruk jadi penyebab masalah seperti: data hilang, munculnya pesan error: "Unfortunately, System UI has stopped" dan 'Unfortunately, Launcher Has Stopped' bahkan penyebab handphone rusak software atau disebut boootloop persis seperti emmc rusakTeknisi tempat servis kami sudah membahasnya secara detail di artikel bawah ini.


Jika pengguna memakai aplikasi Link2SD, Move app toSd dll, sebelum melakukannya penting untuk memahami kualitas memory ini agar tidak mudah rusak dan berhasil memindahkan aplikasi ke micro sd. Pengalamaan di tempat servis kami penyebab timbulnya masalah bukan karena di root salah oprek/ modif, tetapi penggunaan micro sd harga murah dengan kualitas rendah atau palsu untuk mengatasi full memory android adalah penyebab masalah. 

Masalah memory external micro sd Tablet Android
  • Memory External tidak dapat dibaca (damage sd card)
  • Micro sd tidak bisa diformat
  • Kapasitas lebih kecil dibanding tulisan speknya/tidak full.
  • Data foto hilang
  • Aplikasi dan game android hilang setelah restart, force closed, hang dll.
  • Aplikasi game Android tidak dapat diinstal/ disimpan
  • Muncul tulisan pesan error: "Unfortunately, System UI has stopped" maupun 'Unfortunately, Launcher Has Stopped'
  • Android bootloop.
Penyebab masalah kartu memory external
Meskipun penyebab spesifik dari masalah kerusakan micro SD Android pada tablet maupun handphone Android beragam, namun secara umum biasanya disebabkan kualitas memory external yang buruk. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Institut Teknologi, jenis atau merek dari kartu microSD buruk bisa menurunkan performa handphone/ tablet hingga 100% sampai 300%. Penelitian tersebut menyimpulkan External Memory sebagai penyebab menurunnya kinerja handphone Android. Dalam beberapa kasus bahkan dapat menyebabkan data hilang, android mati atau tidak mau masuk ke menu (bootloop). Karena recovery data handphone hampir tidak mungkin dilakukan maka sangat penting memilih kualitas micro sd yang baik sebagai cara mengatasi masalah memory Android full.

Micro SD Palsu banyak di jual di toko
Banyak micro sd asli dijual namun yang palsu pun banyak beredar. Cara memilih kartu memory yang baik penting diketahui untuk menghindari masalah selama pemakaian handphone/ tab Android sehari-hari. Ada beberapa jenis memory external, seperti; SDcard, mini sd, micro sd dll. Namun jenis memory external micro sd yang paling banyak digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan data pada handphone Android. Ukurannya yang kecil 15x11mm dengan ketebalan 1mm namun memiliki kapasitas yang besar, membuat micro sd menjadi standar umum sebagai media penympanan tambahan. Sandisk adalah merk terkenal dan mahal, namun merk ini banyak di palsu dan dijual dengan harga lebih murah dari yang asli. Konter tempat  servis kami pernah beli untuk melakukan modif agar ruang penyimpanan memory handphone tidak penuh, tertulis kapasitas tertulis 32GB atau 16GB padahal isinya cuma 2GB dan sangat mudah rusak membuat data penting hilang. Mengembalikan data dengan cara menggunakan apliaksi/program recovery tidak bisa dilakukan jika disebabkan karena Micro SD palsu.

Cara Test Micro SD Palsu atau asli
Cukup sulit menentukan asli atau tidaknya karena bungkus, stiker logo hologram sangat mirip, itupun jika kita punya 2 yang asli dan palsu agar bisa membedakan. Berikut ini trik dari teknisi di konter handphone tempat servis kami untuk membedakannya, Tipsnya yaitu jika harga terlalu murah, wajib waspada, sebelum membeli mintalah garansi. Jika micro sd asli pasti bergaransi. Lalu segera isi micro sd dengan beberapa file film ukuran besar misalnya terisi sampai 4GB. Lalu putar film tersebut apakah berjalan normal. Tidak perlu nonton nanti lama, loncati saja ke menit-menit tertentu sampai habis lalu putar video lainnya apakah terbaca. Biasanya cara ini effektif untuk test keaslian micro SD apakah layak digunakan. Jika palsu akan ada sejumlah file yang tidak bisa dibaca. Jangan dipakai akan membuat data file penting foto-video hilang. Segera tukarkan ke toko tempat membeli.

Kami juga pernah membeli sejumlah Micro SD merk bagus dan ternama rencananya untuk dijual kembali di konter tempat servis kami ketika menerima jasa root untuk modif menambah ruang penyimpanan handphone Android agar tidak penuh. Namun setelah kami test dengan cara diatas ternyata palsu, kapasitasnya kecil jauh dari tulisan speknya, langsung kami gunting dan buang daripada bermasalah denngan pelanggan. Jadi hati-hatilah. Karena data hilang di micro sd palsu tidak bisa dikembalikan atau di recovery.
ruang
Perbedaan Speed Mico SD
Masalahnya ukuran besar kecilnya kapasitas memory external micro sd bukanlah satu-satunya parameter yang menentukan baik buruknya kualitas memory tablet. Kecepatan transfer memory external sangat penting untuk mengimbangi kecepatan emmc handphone. Jika tujuannya untuk menambah ruang internal penyimpanan handphone wajib digunakan yang bagaus, minimal class 10. Tingkat kecepatan kartu memory external ditunjukkan dalam beberapa 'class', lihat keterangan gambar diatas berbeda sbb:
  • Class 2   : Transfer speed baca dan tulis(Read/Write) minimal 2MB/detik
  • Class 4   : Transfer speed baca dan tulis(Read/Write) minimal 4MB/detik
  • Class 6   : Transfer speed baca dan tulis(Read/Write) minimal 6MB/detik
  • Class 10 atau U1 : Transfer speed baca dan tulis(Read/Write) minimal 10MB/detik
  • U3 : transfer speed baca tulis ((Read/Write)  minimal 30MB detik atau 240Mbps.
  • Perbandingan speeed emmc internal handphone Android berbagai merk rata-rata 400MB/s
Produsen kartu memory ternama dan berkualitas memberi label batas kecepatan minimal transfer data pada setiap micro SD yang dijualnya. Namun seringkali merk-merk kartu micro sd mencantumkannya sebagai kecepatan maksimal transfer data memory dalam kondisi ideal. Mirip iklan promosi paket internet provider Indonesia terkenal sinyal 4G Telkomsel; paket internet dengan kecepatan download maxstream full HD bla bla bla...Mbps, namun kualitas HD tidak pernah tercapai ha ha ha...

Speed Memory external ini menjadi penting karena Micro SD akan disandingkan untuk bekerja bersama memory emmc internal tablet. Hasil test speed 'read and write' (baca-tulis) internal memory storage dari berbagai merk tablet Android bervariasi dalam rentang 21MB/detik hingga 132MB/detik (bandingkan dengan kecepatan external memory Micro SD terbaik yang hanya 10MB). Wajar jika kita instal terlalu banyak apk atau memakai tips cara mengubah internal memory android ke micro sd untuk mengatasi memory android yang full akhirnya muncul masalah baru spt "Unfortunately, System UI has stopped" maupun 'Unfortunately, Launcher Has Stopped'Inilah yang membuat iphone, ipad dan tablet google nexus serta beberapa type handphone Android premium tidak mengijinkan (tidak menyediakan) external memory tambahan.

Perbedaan kecepatan ini membuat micro sd lebih cocok digunakan sebagai media penyimpanan data android tablet seperti file lagu mp3, foto, ebook pdf dll, bukan sebagai media system aplikasiMembuat atau mengubah fungsi external memory micro sd sebagai internal memory android tablet (modifikasi file Vold.fstab), atau dengan cara link2sd agar aplikasi game dapat dipndah ke micro sd external akan dapat menimbulkan berbagai masalah, penyebabnya terutama micro sd dengan speed class yang rendah harga murah. Selain ruang memory tidak terbaca, dan pesan error "Unfortunately, System UI has stopped" dan 'Unfortunately, Launcher Has Stopped', aplikasi game hilang, tablet sering restart atau mati saat digunakan, micro sd akhirnya rusak dan tidak dapat diformat atau tidak bisa digunakan lagi (damage sd card).

Untuk langkah awal mengatasi Phone memory full atau internal storage full, baca juga disini cara mengatasi error Insufficient Storage Available  belilah memory external yang berkualitas baik untuk tablet Android kita. Jika phone-tablet android muncul pesan "Unfortunately, System UI has stopped" atau 'Unfortunately, Launcher Has Stopped' lakukan cara mengatasi masalah tersebut sbb: 
  1. Coba lepas external storage micro sd, jika setelah melepas micro sd terbukti pesan error 'Sayangnya, Sistem UI telah berhenti' tidak muncul lagi, maka ganti micro sd yang lebih berkualitas. 
  2. Jangan menginstal terlalu banyak aplikasi pada waktu yang singkat. Lepas/ buang aplikasi bawaan hp yang tidak berguna. 
  3. Tidak menggunakan micro sd murah class rendah (dibawah cass 10) untuk modifikasi file system Vold.fstab atau link2sd untuk merubah ruang penyimpanan internal ke external memory handphone/ tablet android.
  4. Mengatasi pesan "Unfortunately, System UI has stopped" atau 'Unfortunately, Launcher Has Stopped', lakukan factory reset.
  5. Agar tidak mudah bootloop
Bagi pengguna hape yang melakukan cara rooting dan sering melakukan optimasi sistem Android misalnya dengan modifikasi file Vold.fstab untuk mengubah memory external micro SD sebagai ruang penyimpanan internal, jangan mengabaikan penggunakan micro sd dengan kualitas baik/original kecepatan tinggi (class 10) ini, agar tidak terjadi masalah dikemudian hari. Setiap melakukkan rooting dan menggunakan aplikasi optimasi untuk mempercepat kinerja android maupun memindahkan apk game ke micro sd bacalah baik-baik cara-cara penggunaannya dan resiko kerusakan. Pembuat aplikasi Android selalu mencantumkan dalam panduan instalasi aplikasi. 
konter tempat install sistem
Jangan abaikan untuk membuat backup, ini penting, tidak soal handphone android merk lokal seperti Advan, Axioo, Cross, Mito, Smartfren Andromax, atau merk terkenal seperti Asus, HTC, LG, Vivo, Lenovo, Oppo, Xiaomi maupun Samsung. Buktinya hampir setiap hari selalu ada pengunjung ke blog ini dan ke tempat service handphone kami mengeluh Androidnya tidak mau menyala, bootloop atau android mati setelah memodifikasi system dan biasanya....lupa backup file Vold.fstab.

Karena banyaknya SD Card palsu dengan kualitas buruk, semoga artikel micro SD ini bermanfaat bagi pembaca sebagai cara untuk mengatasi masalah memory handphone full error "Insufficient Storage Available" tidak bisa download aplikasi dari google play karena ruang penuh, namun tetap dapat menghindari hilangnya data penting akibat kerusakan pada memory external handphone-tablet Android dan menghindari pesan error  'Sayangnya, Sistem UI telah berhenti' atau jadi bootloop.

Artikel Terkait di Bali Service Computer