Game Android di PC Laptop

Bagaimana cara main aplikasi game android di laptop? Mungkin inilah pertanyaan yang diajukan banyak pengguna Laptop / PC Computer mengingat begitu melimpahnya download game os Android yang tersedia. Hingga November 2014 sudah mencapai angka 1.4 Juta aplikasi Google Play yang dapat di download, tercatat setidaknya 1.2 Juta aplikasi gratis dan 200 ribu berbayar. Tentu saja hal ini membuat iri pengguna laptop dengan OS Windows sehingga ingin juga mengetahui cara bermain game Android di komputer laptop mereka layaknya seperti handphone Android. Contoh game Android asphalt 8 tidak ada versi Windows untuk komputer, cara mengatasi agar dapat memainkannya adalah dengan cara download dan install Bluestacks terbaru, salah satu emulator yang dapat menjalankan Android dari Laptop. Ini juga menjadi solusi ketika putera kami yang masih sd sangat ingin main game di Tablet Advan jadul jadi tidak dapat berjalan lancar alias lemot bahkan sering hang.
masalah android
Mengapa Bluestacks?
Untuk tujuan sama yaitu sekedar main game atau bbm-an di laptop sebenarnya kita memiliki banyak pilihan, beberapa emulator yang pernah kami coba di tempat servis kami yaitu dengan cara instal os Android-x86 Project maupun aplikasi emulator serupa Bluestacks seperti Andy, youwave dll di laptop.
Namun membandingkan dengan program lainnya, kelebihan Bluestacks adalah selain gratis, ini paling mudah baik dari segi cara install, tersedia juga versi bisa di root dan mudah menjalankan/ pemakaian.

Untuk pengguna PC-laptop jika sudah upgrade sistem Windows 11 dapat menggunakan fitur WSA (Windows Subsystem for Android) agar kita dapat langsung download game Android dari Google Playstore dan memainkanya langsung di komputer tanpa harus instal emulator.
cara download game android di laptop asus, acer, hp, axioo
Dengan os Android terbaru, dukungan apk game lebih banyak yang bisa di download. Beruntung spesifikasi komputer-laptop di tempat servis handphone kami memenuhi persyaratan minimal yang ditentukan, maka bluestacks terbaru ini dapat dengan mudah diinstal dan dijalankan tanpa lag, lemot maupun error. 
Jadi perhatikan saja persayaran minimal untuk install os Android di laptop sbb:
  • 2 GB Memory RAM : Ini adalah syarat wajib agar bluestacks tidak lag dan tidak lemot baik saat instal maupun ketika main game. RAM adalah jumlah memory dimana aplikasi Android akan dijalankan (running). Jika memory 2GB namun masih gagal Install, coba cek kembali di laptop: Control panel>System>lihat bagian Installed memory usable.
menambah ram memory
Bisa saja 2GB memory terpasang namun masih dikurangi/ dipotong share VGA. Contoh di komputer kami dengan OS Windows 7 yang diinstal bluestacks dengan 4GB memory RAM namun hanya 3GB yang dapat digunakan (usable), karena memory 1GB sudah kami share di setting BIOS untuk VGA.  Jadi jika pembaca gagal instal Bluestacks atau berhasil namun saat menjalankan game android di laptop ngelag, lemot dan loading game lama sekali maka cara mengatasinya dengan menambah RAM/ baca disini cara upgrade memory. Karena ketika kami menggunakan RAM 2GB masalah-masalah tersebut sering terjadi.
  • 9 GB Hardisk space : Ini adalah kapasitas minimal ruang kosong/ruang yang tersedia pada memory hardisk yang akan digunakan untuk menginstal Bluestacks.
  • Tidak menggunakan Virtual PC lain. Komputer atau laptop yang diinstal bluestacks berarti menjalankan 2 system OS, yaitu Windows dan Android secara virtual. Nah banyak laptop di jual dipasaran dengan spek rendah sudah lemot menjalankan 1 os windows, apalagi ditambah 2 OS secara virtual, macet dah.
  • Software dan driver tidak kompatible. Masalah lain yang sering terjadi sebagai penyebab gagal menjalankan bluestacks adalah masalah driver VGA, Direct X 3D dan Framework. Android menggunakan OpenGL ES 2.0 API sevice, jadi pastikan driver VGA sudah yang terbaru. Karena Direct3D dan open GL biasanya sudah terdapat pada driver VGA versi terbaru. Bluestacks juga tidak cocok dengan beberapa antivirus seperti Bit Defender Anti Virus.
  • Operation System minimal :Windows XP SP3 dengan Framework 2.0, meskipun suport hingga win8, rekomendasi dari kami: windows 7 SP1, framework 4.5.
  • Processor minimal Dual Core
Perhatikan bahwa yang disebutkan diatas adalah persyaratan minimal alakadarnya asal fungsi main game android ringan di laptop seperti angry bird. Jika ingin main game berat 3D, yang memerlukan data obb cache seperti Anomaly, need for speed, asphalt 8 dll tentu saja diperlukan spesifikasi komputer yang lebih tinggi baik cpu, ram maupun VGA.
cara android data obb cache

Cara Install Bluestuck
Sebelum melanjutan ke pembahasan ini, untuk menghindari masalah, harap perhatikan semua persyaratan minimal diatas harus sudah terpenuhi. Jika tidak terpenuhi, jangan dipaksakan sebelum pembaca melakukan upgrade. Contoh kasus, banyak pengguna menyamakan netbook itu laptop. Netbook (kependekan dari interNet book) dengan ciri khas menggunakan layar LCD 10 inch itu bukanlah laptop, biasanya hanya menggunakan Intel Atom/celleron (low end Processor) dan diperuntukkan untuk ber-internet bukan bermain game. Jadi kalaupun ingin di install bluestacks hanya bisa versi yang lama dengan OS Android Ginggerbread, tidak bisa bbm, tidak bisa juga bermain game terbaru di laptop.


Berikut ini prosedur cara Install Bluestuck di Komputer-Laptop

  1. Koneksikan Internet
  2. Download bluestacks app player terbaru.
  3. Install file hasil download tersebut dengan tetap terhubung ke Internet (online)
  4. Tunggu sampai proses selesai, ini bergantung pada kecepatan akses/modem internet yang pembaca miliki.
  5. Jika semuanya normal, masukkan akun google/gmail dan lakukan sinkronisasi.
  6. Selesai. 
  7. Root (opsional)
Cara Install aplikasi game
  1. On line dengan Download via Google Play
  2. Offline dengan cara klik langsung koleksi game apk yang sudah kita miliki langsung dari laptop.
cara download game amdroid di laptop
Nah kini tanpa harus membeli tablet /handphone Android baru dengan spek tinggi yang mahal harganya, cukup dengan upgrade memory ram seharga 250ribu kini putera kami sudah dapat main berbagai game untuk os android berat dengan memanfaatkan pc komputer/ laptop di tempat servis handphone kami dengan lancar tanpa kuatir kehabisan baterai seperti di tablet advan miliknya... he he. Selanjutnya akan kami update tips cara mengatasi bluestacks lemot, game loading terus atau ngelag dan cara install data, cache, obb game Android di laptop agar kita dapat main game seru seperti Anomaly, Asphalt8 dll menggunakan bluestacks dengan lancar.

Artikel Terkait di Bali Service Computer