Cara Update Upgrade ROM Xiaomi Redmi Note

Saya pakai rom MIUI cina ingin ganti rom global, nah saya sudah pakai cara update sesuai petunjuk, kenapa gagal? Bahkan sudah download banyak rom Xiaomi di flash masih saja gagal? Demikian beberapa masalah yang menjadi pertanyaan dari pengguna ketika mau upgrade Android Xiaomi Redmi dan ingin berkonsultasi di konter tempat servis handphone kami di Denpasar. Akan kami bahasa penyebabnya dan solusinya cara mengatasi  masalah tersebut disini.
ganti rom hanphone xiaomi
Masalah seputar tidak bisa update dan upgrade firmware di handphone Xiaomi Redmi Note ini penting karena kami sering mendapati banyak pemiliknya sebelum di bawa ke alamat tempat service kami sudah melakukan usaha update atau upgrade sendiri, bahkan coba dengan cara Instal Custom Rom pakai memory sd card via TWRP tanpa memiliki pengetahuan dasar, jadi sudah download banyak rom, di flash gagal, selain kuota data terbuang percuma sebagian malah jadi rusak software alias bootloop. Jika proses caranya dari awal sudah salah, maka gagal, beruntung jika hape masih selamat, tapi ada juga proses update berjalan tapi terputus menyebabkan handphone hanya muncul logo tidak bisa masuk menu artinya sistem Android Bootloop, beberapa malah stuck di recovery, ada lagi handphone jadi restart terus setelah update, gagal dan muncul tulisan 'system has been destroyed', bahkan jadi mati total/ hardbrick karena salah penanganan dalam kondisi panik.

Basic Knowledge: Update dan upgrade ROM MIUI kan sama? Beda bos. Gambar pertama di atas halaman artikel ini adalah cara update menggunakan aplikasi tanpa laptop.

Update ROM MIUI : Pembaharuan 
up=atas dan date = tanggal/waktu terkini
Update tidak mengganti versi ROM, hanya perbaikan dari firmware yang sudah ada. Misalnya Lolipop 5.0 ke lolipop 5.1. Tidak bisa berpindah dari versi xiaomi global ganti ke ROM MIUI cina atau sebaliknya.
mengapa update rom global-cina gagal
update untuk rom versi yang sama cina ke cina. global ke global
Contoh, ketika handphone dijual kepasaran kadang software sistem di dalamnya masih terdapat kekurangan disebut bugs. Nah seraya waktu berlalu akan ada pembaharuan/update software sistem di dalamnya. Pembaharuan ini kadang ditemukan dari keluhan pelanggan selama pemakaian, misalnya fitur camera, baterai cepat habis, handphone terlalu panas dll. Pokoknya setiap keluhan dari user akan ditampung untuk dibuat 'fix bugs' yang akan dikemas dalam bentuk 'update'. Update ini tidak mengganti versi rom MIUI, hanya perbaikan pada OS software yang sudah ada sebelumnya dengan cara fix bugs, perbarui driver, penambahan atau perubahan fitur tertentu yang akan di sebutkan dalam daftar 'changelogs'. 

Penting:
  • Jika pemilik membeli handphone Xiaomi redmi dengan rom bawaan MIUI cina, biasanya tidak ada aplikasi Google Playstore di dalamnnya, hanya dapat update ke versi android sesama MIUI Cina tidak bisa upgrade ke ROM Global. Caranya pertama harus unlock bootloader (UBL) dahulu lalu upgrade ganti ROM dengan flash software pakai PC atau laptop. Jika dipaksakan tidak sesuai prosedur maka hasilnya flashing gagal seperti gambar dibawah dan handphone tidak bisa dipakai.
flash
  • Jika beli handphone garansi distributor dengan rom abal-abal yang harganya lebih murah, tidak akan mendapatkan update, karena bukan firmware resmi Xiaomi TAM/ ERAJAYA. Misalnya Redmi Note 4 dan Redmi 5plus dsb dengan garansi toko dari distributor B-Cell, Bless atau Platinum (lihat di dos kemasannya). Untuk rom abal-abal tidak bisa langsung upgrade ke ROM resmi Global, prosesnya lebih panjang karena harus pakai laptop untuk upgrade dengan softwrae MI Flash ke versi resmi Cina dahulu, di mode EDL/ Test point, setelah berhasil lalu unlock bootloader (UBL), baru kemudian bisa ganti ke Firmware Global/ Indonesia atau pasang TWRP install custom ROM.
  • Silahkan baca disini Panduan Cara Instal Custom ROM via TWRP
  • Inilah sebabnya jika ada pelanggan pas mau beli handphone Xiaomi dan konsultasi ke tempat servis kami di Denpasar, kami merekomendasikan beli versi Global dari Distributor resmi, jangan hanya pertimbangan harga murah memilih versi Cina, kecuali sudah paham resikonya dan bisa flash sendiri dan tentu saja punya laptop.
Selanjutnya jika tersedia update sebaiknya baca changelog/perubahan apa yang ada di dalamnya, kadang kita tidak membutuhkannya. Misal ada update perbaikan masalah sinkronisasi aplikasi Whatsapp, lah saya cuma pakai facebook? Selain fakta bahwa update memiliki resiko, kan rugi pulsa download jika tidak bermanfaat, apalagi gagal he he. Banyak pelanggan datang ke tempat service handphone kami justru minta downgrade, karena setelah upgrade mengeluh lebih boros baterai dan banyak iklan muncul sangat menggangu.
Upgrade ROM MIUI : Peningkatan 
Up = atas dan grade = tingkat,penggolongan, kelas
Jadi upgrade adalah menaikkan atau merubah sistem Android ke versi yang lebih tinggi dari sebelumnyabisa disebut ganti versi. Ketika ada banyak perubahan besar terjadi atau diperlukan maka akan di kemas dalam bentuk 'upgrade'. Sekali lagi perhatikan aturannya sbb:
  • Firmware Lolipop --> Marshmallow (Lolipop itu Android versi 5 ke Marshmallow nersi 6)
  • Flash dari rom abal-abal ingin ganti rom resmi MIUI Global wajib ke versi Cina dahulu 
  • Rom China ---> ke Global atau sebaliknya, haarus sudah Unlock Bootloader.
  • Firmware Resmi ---> ganti Custom Rom Android, sudah melakukan UB,  instal custom recovery TWRP. lalu instal Custom ROM menggunakan TWRP tersebut seperti ganti rom dan kumpulan aplikasi Google Playstore (Gapps); tinggal pilih download Corvus, LineageOS, Havoc, Mokee, Google Pixle, Resurection Remix dll
  • Baca di sini cara instal Custom Rom Xiaomi Android terbaru
Singkatnya jika ganti versi rom Android disebut upgrade, tentu saja jika ganti ke versi lebih rendah di sebut downgrade. Siapapun jika mau downgrade versi sistem Android sebaiknya pelajari juga apa itu Anti Role Back (ARB).

Cara mudah update Xiaomi Redmi Note:
Ingat: Jika mau ganti rom MIUI itu upgrade bukan update, jadi tidak bisa pakai cara ini. Baca disini: Masalah bagus Mana Handphone pakai Xiaomi Rom Global atau Cina.

Sekedar perbaikan di versi yang sama (misal update rom global ke global terbaru), bisa menggunakan fitur aplikasi update di dalam handphone tanpa perlu bantuan komputer laptop. Untuk update rom juga sudah ada di sistem setting MIUI terbaru, berikut ini langkah-langkahnnya:
cara flash handphone
  1. Dari menu utama, langsung menuju ke Alat – Pembaharuan/updater
  2. Jika ada pembaharuan versi  maka kita tinggal sentuh versi terbaru
  3. Kemudian pilih pasang / terapkan pembaharuan.
  4. Kemudian kita akan diminta konfirmasi update menggunakan jaringan WiFi, atau jaringan 3G.
  5. Setelah pilih maka download update akan berlangsung.
  6. Setelah semua file update selesai terdownload, kita bisa menerapkan pembaharuan.
  7. Handphone Xiaomi akan restart dan instal pemaharuan tersebut, sabar tunggu saja sampai selesai. 
Jika mau update muncul pesan 'can't verify update', biasanya disebabkan masih menggunakan rom bawaan distributor (abal-abal).  Pesan 'can't verify update', juga muncul jika pakai rom cina lalu update ke rom global atau sebaliknya. Ini namanya ganti rom berarti upgrade bukan lagi update, solusinya flash pakai software MiFlash hubungkan handphone Xiaomi ke komputer komputer PC-Laptop. Baca artikel kami disini cara masuk mode EDL .
  
Kembali ke masalah diatas, kenapa mau ganti rom handphone Xiaomi pakai cara update langkah-langkahnya sudah benar, masih tetap gagal?

Ya iya lah, mau upgrade ganti rom cina ke global kok pakai cara update. Tidak usah disuruh "coba download ROM lain", kasihan kan pulsa terbuang. Pernah ada pelanggan kami ke konter servis bawa Mi 4c mengeluh selalu gagal ganti rom MIUI. Dia sudah download berbagai firmware di link resmi ber giga-giga, bahkan untuk handphone versi type lain juga sudah dia download seperti redmi 2, redmi 3S, sampai redmi note 3 pro. Seingat saya ada 6 rom handphone lain tersimpan dalam ruang penyimpanan internal. Seekedar info untuk dowwnload 1 rom xiaomi ukuran 1-2GBBeruntung gagal di flash ya. Jika berhasil di flash kira-kira Xiaomi Mi 4c itu jadi handphone apa ya?

Nah itulah perbedaan cara update dan upgrade rom MIUI dengan versi bahasa teknis tempat servis kami yang tidak jelas serta membingungkan. Semoga pembaca tidak  tambah bingung ha ha ha. 

Berikutnya akan kami bahas cara Upgrade Handphone Xiaomi menggunakan Miflash tool baca disini.

Untuk upgrade dengan metode flash terbaru harus masuk mode download EDL dan jumper test point, jadi perlu punya komputer laptop, paham command ADB Fastboot dll. Untuk downgrade agar tidak beresiko flash gagal total sangat penting memperhatikan versi ARB (Anti Roll Back), jika tidak sama maka inilah salah satu penyebab hardbrick di flash ke ARB lebih rendah handphone bukan hanya rusak sistem software jadi bootloop, malah  berakibat mati total. 
jasa flash rom firmware handphone
Selanjutanya akan selalu kami update artikel terkait masalah seputar cara flash ini, sekalian cara root dan unlock bootloader kami bahas juga secara lengkap agar pengguna adapat terhindar dari berbagai masalah dan dapat menghindari resikonya. Tapi jika terlanjur downgrade/ flash ganti rom lalu bermasalah/ rusak silahkan baca cara servis handphone xiaomi atau diskusi di kolom komentar di bawah ini.  

Artikel Terkait di Bali Service Computer

10 komentar:

  1. siang gan,, saya mau tanya, saya menggunakan xiaomi redmi 2 prime. pada saat saya upgrade dr miui6 ke miui7 awalnya setelah upgrade sinyal saya hilang dan setelah bisa kembali sinyalnya, saya tidak bisa menggunakan data seluler saya. Setelah di bawa ke counter service, memamg sudah bisa lagi data selulernya. Tapi jadi malah semakin tidak jelas hp saya, tidak bisa uninstal aplikasi yg di download, privasi tidak bisa, otomatis tidak dapat mengunci hp. Apakah ada solusinya???. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena masalah terjadi setelah upgrade kemungkinan sebab rusak masih terkait masalah software, coba
      1.factory reset, atau
      2.clean flash firmware via fastboot

      Hapus
  2. Sore, rencanannya saya mau beli xiaomi mi4s tp dari tokonya masih rom distributor.. Saya mau ganti ke china stabil apakah ada jasa ganti rom di toko anda? Dan berapa biayanya ya? Terimakasi sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa,kami terima jasa ganti rom handphone xiaomi

      Hapus
  3. Malam mi4c ku sim 2 ga aktif... B indo cuma sebagian... Rom abal2 bisakah bantu diupdate/update... Brp biaya... Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mi4c hanya untuk pasaran cina, jika di flash rom ori hanya ada bahasa cina dan english serta tidak ada google playstore

      Hapus
  4. siang om, barusan ngangkut redmi note 3g dual sim, awal semua aman, trus ada notif pembaruan os, jadi ke kitkat miui 7. setelah selesai malah kamera depan belakan ga bisa di buka, pakai aplikasi kamera lain pun sama saja. apa bisa kamera nya di benerin min? downgrade lagi jg gpp lah yng penting kamera bisa jalan lagi. tolong infonya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa proses agak lama, caranya downgrade handphone Xiaomi, lalu di root,instal TWRP, lalu patch fixed camera pakai twrp

      Hapus
    2. lamanya itu, harian, mingguan atu bulanan ya min?

      Hapus
    3. untuk perbaiki handphone dengan kerusakan spt diatas maximal 3 hari

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.