Cara Menghapus Aplikasi Android di Handphone Advan

Beberapa kali ada saja pelanggan datang ke alamat tempat service handphone kami membawa hape atau tablet Advan karena tidak bisa download di playstore, selalu muncul pesan error ‘tidak cukup ruang pada perangkat’ setiap mau download tertunda, internet lemot, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Caranya adalah dengan menghapus aplikasi Advan Android atau menambah memory hape.
tidak bisa download wa
Masalah Handphone-tablet Advan tidak mau update atau tidak bisa download aplikasi di playstore malah muncul pesan error 'insufficient storage available' seperti contoh gambar diatas Whatsapp minta update tetapi tidak bisa download memory tidak cukup, padahal kapasitas ruang memory penyimpanan Micro SD masih cukup lega? 

Penyebab Handphone Lemot

Sering kami jelaskan dengan perumpamaan sbb: Aplikasi adalah mobil, memory ram adalah jalannya, sedangkan alamat situs internet, memory penyimpanan internal, micro sd,  google drive adalah kota/ terminal tujuan. Semakin banyak aplikasi seperti banyaknya mobil maka diperlukan jalan yang lebar atau besar. Jenis aplikasi sosial media ibaratnya mobil truk, makan banyak jalan/ memory ram dan bahan bakar/ baterai. Jenis sosmed itu Facebook. Messengger, BBM, WA, Instagram, line dll. 
Konsepnya: Agar tidak macet ada 2 pilihan, jalanan harus diperlebar atau kendaraan dikurangi. Masalahnya di handphone tidak bisa menambah memory ram, maka agar tidak lemot atau hang harus hapus aplikasi terutama sosial media dikurangi dan menghapus aplikasi bawaan pabrik agar lebih lega. Pembaca bisa saja menambah micro SD tetapi itu memory penyimpanan, tapi ini tidak mempengaruhi arus lalu lintas data jadi lebih cepat karena tidak menambah memory ram atau lebar 'jalan' nya.
Sebelum di bawa ke tempat service  terdekat, kami jelaskan bahwa masalah ini dalam situasi mendesak bisa diperbaiki sendiri. Namun perlu dipahami bahwa pembahasan ruang internal memory ini bukanlah memory RAM tapi merujuk pada ruang penyimpanan file hape saja. 

Memory penyimpanan (Internal storage) di bagi 2 :
  1. Untuk Program aplikasi
  2. Untuk simpan data seperti foto musik Mp3 film dll
Jika ruang 1 tempat aplikasi habis maka kita tidak bisa download lagi dari Google Playstore, meskipun ruang ke 2 (termasuk micro sd card) untuk data masih banyak. Karena aplikasi Android baik bawaan hp maupun hasil download sendiri itu tidak bisa diinstal di micro sd tempat data, inilah alasan kenapa download playstore tertunda karena tidak ada ruang tersisa. Ingat perumpamaan diatas, ini seperti terminal tempat parkir kendaraan (aplikasi). Cara singkatnya adalah buang aplikasi lain agar tersedia ruang kosong dan bisa download lagi. Dari pengalaman kami membetulkan berbagai merk handphone, membiarkan memory penuh dengan membiarkan data dan cache/history menumpuk juga salah satu penyebab handphone rusak software atau disebut bootoop tidak mau menyala sampai menu hanya berhenti dilogo merk saja.
Jadi membeli micro SD saja percuma, bukan solusi karena tidak akan menambah ruang internal untuk program aplikasi karena fungsi sd card hanya untuk simpan data. Artikel cara menghapus aplikasi Android ini menggunakan contoh hape Advan, jika pembaca mengalami masalah serupa error "download Google playstore tertunda" dan 'tidak cukup ruang pada perangkat', solusi ini secara prinsip dapat diterapkan untuk membetulkan semua merk handphone Android lain baik Oppo,  Asus, Evercoss, Xiaomi, Samsung, Lenovo dll. 

Cara pertama membuang aplikasi disini bisa langsung dipraktekan tanpa perlu root. 
Agar bisa download lagi solusinya adalah menghapus aplikasi lain yang banyak menghabiskan ruang memory penyimpanan di handphone. Bisa saja berupa aplikasi sosmed, camera, game atau aplikasi apapun jika sudah jarang digunakan lagi sebaiknya dibuang saja. Berikut ini cara hapus aplikasi di handphone Android:
 Cara Menghapus Aplikasi Android di Handphone Advan

tempat servis handphone denpasar
  1. Buka Pengaturan/Setelan
  2. Pilih Kelola/Manajemen Aplikasi,
  3. klik nama aplikasi/game yang ingin dihapus,geser kebawah untk memilih
  4. Pilih Copot Pemasangan (Uninstall)
cara download aplikasi advan

Di handphone Advan dengan os Android terbaru seperti Marshmallow atau Nougat, letak lokasi 'manajemen aplikasi' ada di dalam 'setelan tambahan' jadi agak berbeda caranya :
  1. Buka aplikasi Setelan
  2. Cari Setelan tambahan
  3. Pilih Manajemen aplikasi.
  4. Pilih aplikasi yang ingin dihapus, geser kebawah untuk memilih
  5. Pilih Hapus Instalasi
Catatan : Istilah di beberapa merk handphone bisa berbeda, misal setting bisa diterjemahkan setelan ada juga diterjemahan pengaturan, uninstall = hapus = copot, silahkan dilogika saja sambil lihat contoh gambar di bawah. Tidak perlu sms kami,bertanya kok menu ini tidak ada?, menu itu tidak ada?.
Aplikasi yang pernah kita download sendiri bisa dihapus tapi kita tidak dapat menghapus aplikasi bawaan sistem yang telah diinstal oleh pabrik Advan di handphone Android meskipun tidak dibutuhkan, karena perlu di root terlebih dahulu. Namun, kita masih dapat menyembunyikan aplikasi bawaan ini dengan memilih menonaktifkan sistem aplikasi tersebut sehingga tidak muncul di daftar aplikasi di handphone.

Jika kita menghapus aplikasi berbayar (beli), jangan khawatir karena kita masih dapat menginstal ulang aplikasi tersebut tanpa perlu membelinya lagi. Selain cara diatas kita bisa mengosongkan ruang memory dengan melakukan factory reset
tanpa perlu di flash, soalnya banyak juga pelanggan datang ke tempat servis kami minta jasa flash ROM hanya agar bisa download lagi
memory handphone habis
Ada lagi cara mengatasi agar lebih lebih banyak aplikasi bawaan yang tidak diperlukan bisa dibuang, tapi sayangnya handphone Android Advan perlu di root dahulu. Seperti gambar diatas, dengan titanium backup kita dapat membuang pulhan aplikasi bawaan pabrik seperti google film, hangsouts, duo, google buku, radio FM dan masih banyak lainnya.  Kemudian kita bisa beli micro sd card class 10 dan dimodifikasi menjadi memory internal, caranya perlu root dulu lalu.... bla bla bla dst, klik saja link dibawah ini. Panjang penjelasannya serta agak ribet sih tapi terbukti sangat efektif hasilnya karena belasan bahkan puluhan aplikasi bawaan bisa di hapus sehingga dapat juga mengatasi handphone tidak lemot.
Cara kedua agar memory penyimpanan lega jika kita tidak dapat menghapus aplikasi bawaan handphone Android karena tidak di root, maka kita masih bisa menghapus data dan cache dari menu setelan/ pengaturan di setiap aplikasi seperti browser, youtube, game, whatapp, google playstore dll. Lihat contoh gambar diatas. Cara ini cukup effektif dalam kondisi darurat untuk mengatasi masalah memory ruang penyimpanan tidak cukup agar bisa update dan download di Google playstore tidak tertunda lagi sekaligus menghindari handphone bootloop. Bukankah mencegah lebih baik dari pada membetulkan jika terlanjur rusak.
perbaiki system handphone rusak
Demikian cara mengatasi 'error Insufficient Storage Available' dengan uninstall aplikasi di handphone dan tablet Android, cukup mudah jika langsung dipraktekkan maka aplikasi android akan hilang dari Tablet-handphone kita dan bisa update WhatsApp/ mengatasi masalah download tertunda di Google playstore tanpa perlu dibawa ke tempat servis handphone. Semoga artikel cara menghapus  aplikasi di Android Advan ini bermanfaat.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.