Upgrade Memory Tidak Full

Berikut ini salah sata keluhan pengguna laptop:"Kemarin saya upgrade memory dari 2 GB menjadi 4 GB (nambah satu keping ram 2 GB ddr3), spesifikasi RAM keduanya sudah saya sesuaikan (2 GB DDR3 PC3 10600) tapi permasalahannya di properties terbaca 4.00 GB usable 1.60 GB, sama seperti sebelum di upgrade laptop tetap lemot".  Mengapa masalah ini bisa terjadi?

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah upgrade Ram tetapi tidak terbaca penuh. Nah di artikel kali ini kita akan membahas salah satu penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.
agar tidak lemot
Periksa versi Operation System. 
Menggunakan OS 64 bit atau 32bit. Jika modul memory yang terpasang lebih dari 4GB maka harus install sistem menggunakan Windows 64 bit. Hal ini berlaku untuk semua merk laptop Acer, Asus, HP, Sony maupun Toshiba. Aturan ini juga berlaku untuk semua versi Sistem baik Windows 7, 10 dan 11. Lihat keterangan gambar tabel diatas limit/ batas perbedaan kemampuan maximal memory yang mampu dibaca oleh sistem. Kolom tabel X86 maksudnya versi 32bit.
ganti
Sebelum membeli kita wajib memperhatikan aturan diatas. Hal ini tidak berlaku untuk penyimpanan data Hardisk ataupun SSD ya, memory kerja (RAM) yang kami bahas di sini berbeda dengan memory penyimpan. Karena untuk upgrade ke SSD semua laptop bisa, terserah versi software OS nya.
Sebagai contoh laptop untuk bekerja sehari-hari di tempat servis kami menggunakan hardware memory 2 keping masing-masing 4GB jadi total 8GB, maka agar terbaca penuh kami menggunakan Windows 64 bit seperti diperlihatkan gambar dibawah inDi sini tertulis 7.68 GB usable karena motherboard kami menggunakan jenis VGA onboard. Jadi sebagian memory terpotong (share) untuk VGA.
servis laptop jalan drupadi denpasar
Cara cek nya jika menggunakan Windows 7, klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Untuk pengguna Windows 10 atau 11, masuk ke Settings > System kemudian klik About. Lalu bagaimana jika laptop kita sudah terlanjur di install menggunakan Windows 32bit, kemudian kita melakukan upgrade ram dengan ukuaran di atas 4GB ?. Maka yang terjadi adalah seperti diperlihatkan gambar dibawah ini.
berapa biaya nambah memori
Meskipun secara fisik terulis "Installed" terbaca penuh 8 GB tetapi hanya 3.48 GB "usable" bisa digunakan. Ya inilah penyebab masalah memory ram kecil tidak akan terbaca penuh, sehigga laptop lemot sama seperti pengalaman pengguna dalam pembahasan paragraf diatas. Maka solusi untuk masalah ini laptop harus di instal ulang dengan versi sistem Windows 64bit.
Persoalan berbeda jika sistem sudah benar namun keterangan 'Installed memory' tidak full, misalnya terpasang 2 keping 4GB harusnya kan jadi 8GB tetapi mengapa hanya terbaca 4GB?. Jika hal ini terjadi maka kasus penyebabnya berbeda, kemungkinan karena versi speed / FSB berbeda, kita bisa coba dengan trik menukar letak posisi slotnya. Solusi ini tidak berlaku jika penyebabnya tegangan tidak sesuai atau salah satu keping RAM rusak. 
Sangat penting bagi pengguna untuk memahami keterkaitan antara hardware dan software sistem OS ini. Banyak pengguna ingin agar laptopnya cepat tidak lemot dengan menambah RAM, namun ada yang bahkan tidak menyadari masalah ini. Sudah beberapa kali kami mendapati pelanggan datang ke tempat servis kami tidak tahu bahwa memory laptopnya tidak terbaca penuh disebabkan System tidak sesuai, kan sayang ya. Dalam kasus seperti ini kami menganjurkan agar laptop juga di upgrade versi sistemnya menggunakan Windows versi 64bit, pastikan juga jika kita ganti Hardisk ke SSD sebaiknya lakukan instal ulang OS nya di partisi SSD.

Nah jika pembaca mengalami masalah serupa kemungkinan bukan karena kerusakan. Silahkan periksa dahulu apakah speed memory sudah sesuai dengan spesifikasi, kemudian cek versi sistem windows. Jika belum silahkan kunjungi tempat servis yang menyediakan jasa untuk Install ulang Sistem. Silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar bawah ini jika pengguna mengalami masalah serupa. Semoga artikel upgrade memory laptop tetapi tidak terbaca full ini bermanfaat. 

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.