Cara Reset Handphone Samsung

Hard Factory Reset. Handphone Samsung sedang dipakai tiba-tiba macet hang, atau dinyalakan berhenti di logo tidak mau masuk menu? Ini salah satu ciri handphone rusak software sering disebut bootloop. Harap perhatikan bahwa cara mereset Handphone ke settingan pabrik ini bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke tempat servis selain untuk membetulkan sistem Android rusak juga bisa mengatasi masalah lupa PIN hapus kunci pola namun bukanlah cara untuk mengatasi lupa password akun email Google. 
alamat service android
Untuk handphone type lama jika hang untuk mematikan dengan cara copot baterai dan memasangkannya kembali. Tapi bagaimana jika masalah ini terjadi pada Handphone Samsung seri terbaru seperti A7 atau Galaxy S6 dengan desain baterai tanam tidak dapat dilepas dengan mudah. Cara bongkar handphone baterai tanam kan susah. Nah untuk mengatasi masalah hang pada handphone baterai tanam adalah dengan menekan kombinasi tombol power dan tombol volume selama 10 detik akan mati. 

Hal ini berlaku juga untuk hampir semua merk handphone Android lain. Jika gagal bisa juga dengan menekan kombinasi 3 tombol volume + dan - serta tombol power secara bersamaan sampai handphone restart. Jika masih belum berhasil juga terpaksa pakai cara bongkar case belakang untuk mencabut konektor baterai tanam agar hp mau mati.
Masalah handphone Samsung rusak software bisa disebabkan berbagai hal, memory internal sudah penuh, aplikasi konflik atau diroot dan salah modif. Untuk masalah handphone macet di logo tulisan Samsung atau disebut bootloop rusak software, cara membetulkan dengan flash rom pakai odin menggunakan laptop, namun kadang berhasil juga memperbaiki dengan cara factory reset menggunakan kombinasi tombol untuk masuk menu recovery lalu di setting kembali ke bawaan pabrik. Manjur juga untuk mengatasi memory internal penuh sehingga tidak bisa download dari Google playstore atau masalah jika lupa PIN, kunci pola, asal bukan masalah lupa password email ya, tidak bisa  dengan cara ini. 
Harap perhatikan bahwa di sistem Android terbaru, marshmallow, Nougat, Oreo,Pie menggunakan cara reset pabrik handphone lewat kombinasi tombol menu recovery tidak akan menghapus email pemilik lama. Jika masalahnya lupa email bisa ke service center resmi Samsung dengan membawa kartu identitas atau tempat service handpone terdekat untuk unlock atau konter terdekat yang sedia jasa bobol hapus akun).
Cara Factory Reset kembali ke setingan pabrik tanpa pc/ laptop. Di petunjuk gambar kami menggunakan Handphone Samsung S6 hanya sebagai contoh, untuk type lainnya seperti seri J7, atau  A8  juga hampir sama kok.
  • Pemilik tidak boleh lupa akun dan password email  Google. Jika lupa klik baca disini caranya.
  • Pastikan Handphone dalam keadaan off/ mati
  • Tekan dan tahan Volume up + tombol home + tombol power, secara bersamaan kurang lebih selama 15 detik. Perhatikan urutannya ya, pertama ditekan bukan tombol power tapi volume up (kiri atas) dahulu. Jangan salah juga, jika menggunakan kombinasi tombol vol min dan power itu cara untuk masuk download mode Samsung.
tempat servis handphone denpasar
  • Saat layar mulai meyala lepaskan tombol power (ke3),  tombol dua lainnya (vol+ da home) tetap ditekan sampai layar berubah warna biru dengan gambar android putih seperti contoh dibawah ini.
factory reset
  • Tunggu saja biarkan sekitar beberapa detik nanti akan masuk ke mode recovery. Tunggu sabar saja jangan pencet-pencet tombol lagi, sampai masuk menu tampilan recovery, lalu perhatikan seksama apa saja daftar menu dengan tampilan seperti gambar dibawah. Gambar menu recovery akan berbeda jika pengguna pernah instal TWRP pakai odin. Jika belum berhasil ulangi dari awal.
penyebab hape rusak
Di mode recovery ada beberapa pilihan daftar pilihan menu, untuk memilih menu kita gunakan tombol volume bawah dan pilihlah wipe data/ factory reset. Setelah itu gunakan tombol power untuk konfirmasi ok. 
  • Selanjutnya lagi gunakan lagi tombol tombol volume bawah kali ini untuk pilih Yes – delete all user data dan tekan tombol power untuk konfirmasi ok. Tunggu hingga tulisan kuning dibawah "data wipe complete".
benerin handphone rusak
  • Selanjutanya agar system Android benar benar bersih pilih lagi bagian menu untuk ” wipe cache partition ” lalu tekan tombol daya untuk mengkonfirmasi.
  • Setelah data wipe complete, pilih ” Reboot system now “. 
  • Samsung Galaxy S6 Edge akan restart. 
Baca cara reset handphone Android merk lain disini.

Untuk booting awal setelah factory reset ini hanya perlu waktu sekitar 3 menit, selanjutanya kita perlu masukkan email, bahasa dan setting lainnya, pokoknya sistem Android sudah kembali seperti baru beli dari toko. 
tempat servis handphone
Jadi pilihan factory reset ini selain menghilangkan masalah kerusakan software juga akan menghapus semua data, foto, mp3 termasuk aplikasi pihak ketiga yang pernah di download dan diinstal di Samsung Galaxy S6 sehingga internal memory lega kembali. Harap diingat jika sudah direset data terhapus tidak bisa kembalikan lagi. Cara ini juga dapat digunakan untuk membuka handphone terkunci karena lupa pin/ pola tetapi kamai teegaskaan sekali lagi tidak akan menghapus email pemilik lama.
biaya memperbaiki hp samsung
Jadi sandi email Google tidak boleh lupa, soalnya di sistem keamanan Android terbaru Marshmallow, Nougat, Oreo, Pie dengan melakukan reset pabrik atau diflash rom /install ulang sistem tetap harus login menggunakan akun email pemilik sebelumnya agar tidak terkunci. Jika Handphone Samsung rusak (klik baca penjelasannya disini) disebabkan karena pernah di root atau salah modifikasi sistem cara factory hard reset diatas tidak akan berhasil, maka untuk membetulkan firmware handphone perlu diflash/ instal ulang pakai laptop dengan program odin sesuai versi rom masing-masing.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.